RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 3 Panggang
Mata
Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)/Biologi
Kelas /
Semester : VII (Tujuh)/ I (Ganjil)
Tahun Ajaran : 2012-2013
Standart Kompetensi:
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar:
5.1 Melaksanakan pengamatan
objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam
biotik dan abiotik
Indikator:
1)
Membandingkan gejala alam
kebendaan pada objek biotik dan abiotik melalui pengamatan
2)
Mendeskripsikan ciri objek
biologi dalam bentuk gambar/tulisan/bagan/ lisan secara cermat dan objektif
Alokasi Waktu: 6 x 40
menit (4 pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:
1)
Menjelaskan pengertian komponen
biotik.
2)
Menyebutkan beberapa contoh
dari komponen biotik.
3)
Menjelaskan pengertian komponen
abiotik.
4)
Menyebutkan beberapa contoh
dari komponen abiotik.
5)
Melakukan pengamatan untuk
menemukan gejala alam biotik dan abiotik dilingkungan sekitar
6)
Eksperimen menginventaris
gejala alam biotik dan abiotik dilingkungan sekitar
B.
Materi Pembelajaran:
Ciri-ciri hidup Makhluk hidup
C.
Metode Pembelajaran:
1) Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative
Learning
2) Metode/Strategi
- Ceramah
- Observasi lingkungan
- Diskusi kelompok
- Praktik
D.
Langkah-langkah
kegiatan:
1.
Pertemuan pertama
(Ceramah dan Observasi Lingkungan)
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Guru memberi apersepsi mengajukan pertanyaan ”manakah
yang termasuk benda hidup?”
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Peserta didik mampu mengidentifikasi benda hidup dan tak hidup
|
TM
|
Kritis
Tanggung jawab
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
a.
Eksplorasi
F
Guru membimbing peserta didik
untuk menginventaris semua benda di lapangan depan kelas
|
TM
|
Tanggung jawab
Teliti
|
||
b.
Elaborasi
F Guru membimbing peserta didik melakukan identifikasi dan klasifikasi hasil
inventaris
F Peserta didik membuat tabel klasifikasi hasil pengamatan
|
TM
|
Tanggung jawab
Disiplin
Ketekunan
|
||
c.
Konfirmasi
F Guru bersama peserta didik
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
TM
|
Ketelitian
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F Guru menyampaikan power poin tentang gejala alam biotik dan
abiotik
F
Guru memberi tugas untuk membawa
alat dan bahan praktik
|
TM
PT
|
Ketelitian
Tanggung jawab
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
2.
Pertemuan kedua
(Praktik)
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Peserta didik menyiapkan alat dan bahan
praktik
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Peserta didik memahami konsep jaringan dan organ
|
TM
|
Kritis
Tanggung jawab
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
a.
Eksplorasi
F Guru membimbing peserta didik mengamati tingkah laku ikan hidup
dan ikan tiruan dalam toples berbeda yang berisi air
F Guru membimbing peserta didik mengamati tingkah laku ayam hidup
dan ayam mainan
|
TM
|
Rasa hormat dan perhatian
|
||
b.
Elaborasi
F Peserta didik mengamati gerakan mulut ikan, tutup insang,
perpindahan ikan, reaksi bila dikagetkan dan diberi makanan, ada tidaknya
kotoran yang keluar dari tubuh ikan selama pengamatan
F Peserta didik mengamati gerakan mulut ayam, perpindahan ayam,
reaksi bila dikagetkan dan diberi makanan, ada tidaknya kotoran yang keluar
dari tubuh ayam selama pengamatan
|
TM
|
Tanggung jawab
Disiplin
Ketekunan
|
||
c.
Konfirmasi
F
Guru
membimbing peserta didik menyusun tabel hasil pengamatan
|
TM
|
Ketelitian
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F Peserta didik menyusun laporan hasil praktik
|
PT
|
Ketelitian
Tanggung jawab
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
3.
Pertemuan ketiga
(Diskusi Kelompok)
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Guru memeriksa kesiapan laporan hasil
praktikum
-
Guru mengundi urutan kelompok yang akan mempresentasikan hasil praktik
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Peserta didik telah selesai menyusun laporan hasil praktik
|
TM
|
Tanggung jawab
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
a.
Eksplorasi
F
Wakil dari kelompok
mempresentasikan laporan hasil praktik
|
TM
|
Rasa hormat dan perhatian
|
||
b.
Elaborasi
F Peserta didik
dari kelompok yang berbeda dipersilahkan mengajukan pertanyaan
|
TM
|
Rasa hormat dan perhatian
|
||
c.
Konfirmasi
F Anggota kelompok berdiskusi dan menjawab
pertanyaan yang diajukan teman atau ibu guru dengan santun
|
TM
|
Ketelitian
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F
Guru mengklarifikasi jawaban
yang belum tepat
|
TM
|
Ketelitian
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
4.
Pertemuan keempat
(Ulangan Harian)
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
F
Guru
membagikan soal Ulangan Harian
F
Peserta
didik mempersiapkan lembar jawaban di buku ulangan
|
TM
|
Tanggung jawab
Tertib
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
F
Ulangan
Harian
|
TM
|
Jujur
Tertib
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F
Guru meminta peserta didik mengumpulkan
hasil pekerjaaan
F
Guru membahas soal bersama
peserta didik
|
TM
|
Ketelitian
Tanggung jawab
Tertib
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
E.
Sumber belajar
1)
Power point gejala alam biotik
dan abiotik
2)
Buku
referensi
3)
Buku peserta didik
4)
Lingkungan
5)
Ikan hidup
dan ikan imitasi
6)
Ayam hidup
dan ayam mainan
7)
Toples
bening
8)
Air
9)
Makanan
ikan dan makanan ayam
10)
Spidol
11) Stopwatch
F.
Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan
kinerja
1)
Penilaian tertulis
- Penilaian
soal kuis
Masing-masing soal skor 1
Skor maksimal : 10
Nilai = Skor yang diperoleh x 10
- Penilaian
Ketrampilan Proses
Lembar Observasi Ketrampilan Membuat
Tabel dan Tabulasi data
No Absen
|
Judul
|
Variabel
|
Keakuratan Data
|
Tampilan Tabel
|
||||
A
|
B
|
A
|
B
|
A
|
B
|
A
|
B
|
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
Keterangan:
1. Judul
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan
indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai
Skor 0 bila: tidak dituliskan
2. Variabel yang diamati
Skor 3
bila: Semua variabel dituliskan dalam kepala tabel ( Nama hasil inventaris, keterangan
kategori biotik/abiotik).
Skor 2 bila: ditulis 2 variabel
dengan penulisan judul kepala tabel kurang tepat
Skor 1 bila: hanya ditulis 1
variabel
3. Penyajian Data
Skor 3
bila: Sistematis, semua data terekam
Skor 2 bila: Kurang sistematis, tapi
semua data terekam
Skor 1 bila: Kurang sistematis dan
tidak semua data terekam
4. Tampilan tabel
Skor 3 bila: rapi, bersih, dan
menarik
Skor 2 bila: hanya muncul 2
indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 1
indikator
2)
Penilaian Kinerja
- Penilaian
Laporan
Lembar Observasi Ketrampilan Membuat
Laporan
Pengumpulan Kelas A Hari/Tanggal:
_____________________________________
Pengumpulan Kelas B Hari/Tanggal:
_____________________________________
No
|
Item Penilaian
|
Skor untuk Kelompok
|
|||||||
Kelas A
|
Kelas B
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Judul
|
||||||||
2
|
Tujuan
|
||||||||
3
|
Penyajian Data
|
||||||||
4
|
Kesimpulan
|
||||||||
5
|
Teknik Penulisan
|
||||||||
Jumlah
|
Keterangan:
5. Judul
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan
indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
6. Tujuan
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan
indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
7. Penyajian Data
Skor 3
bila: Sistematis, semua data terekam
Skor 2 bila: Kurang sistematis, tapi
semua data terekam
Skor 1 bila: Kurang sistematis dan
tidak semua data terekam
8. Kesimpulan
Skor 3 bila: sistematis dan sesuai
dengan tujuan
Skor 2 bila: kurang sistematis
meskipun sesuai dengan tujuan
Skor 1 bila: kurang sistematis dan
tidak sesuai dengan tujuan
9. Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: rapi, jelas, to the poin
Skor 2 bila: hanya muncul 2
indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 1
indikator
- Penilaian
diskusi/presentasi
Lembar
Observasi Ketrampilan Presentasi Kelompok
Penilaian Kelas
A Hari/Tanggal: _____________________________________
Penilaian Kelas
B Hari/Tanggal: _____________________________________
No
|
Item Penilaian
|
Skor untuk Kelompok
|
|||||||
Kelas A
|
Kelas B
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Kebenaran isi
|
||||||||
2
|
Kejelasan Suara
|
||||||||
3
|
Keruntutan Penyampaian
|
||||||||
4
|
Kemampuan menanggapi pertanyaan
|
||||||||
5
|
Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
|
||||||||
Jumlah
|
|||||||||
Rata-rata
|
Keterangan:
1. Kebenaran Isi
Skor 3 bila: Semua isi konsep yang
disampaikan benar
Skor 2 bila: 75% isi konsep yang
disampaikan benar
Skor 1 bila: 25-50% isi konsep yang
disampaikan benar
Skor 0 bila: dalam penyampaian tidak
ada konsep yang isinya benar
2. Kejelasan suara
Skor 3 bila: suara cukup keras, jelas,
intonasi beragam, bersemangat
Skor 2 bila: hanya muncul 3
indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 2
indikator
Skor 0 bila: tidak ada indikator
yang muncul
3. Keruntutan Penyajian
Skor 3
bila: semua materi yang disajikan secara urut (judul presentasi, data hasil
pengamatan, jawaban pertanyaan, simpulan)
Skor 2 bila: hanya 3 materi yang
disajikan secara urut
Skor 1 bila: hanya 2 materi yang
disajikan secara urut
Skor 0 bila: penyajian materi sama
sekali tidak urut
4. Kemampuan menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: semua pertanyaan
ditanggapi dengan 3 kriteria: jelas, benar, dan sopan
Skor 2 bila: semua pertanyaan
ditanggapi dengan 2 kriteria
Skor 1 bila: semua pertanyaan
ditanggapi dengan 1 kriteria
Skor 0 bila: bila ada pertanyaan yang tidak ditanggapi
5. Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: pertanyaan ditanggapi
oleh 3 anggota kelompok
Skor 2 bila: pertanyaan ditanggapi
oleh 2 anggota kelompok
Skor 1 bila: pertanyaan ditanggapi
oleh 1 anggota kelompok
Skor 0 bila: anggota kelompok tidak
berbagi tugas dalam menanggapi pertanyaan
Mengetahui, Panggang,
1 Juli 2012
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Samiarso, S.Pd Dewi
Setya Wulandari, S.Si
NIP. 19620419 198403 1 007 NIP.
19800115 200903 2 001
Link:
KD 5.2 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya
untuk mengamati gejala-gejala kehidupan http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/52-menggunakan-mikroskop-dan-peralatan.html
KD 6.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/61-mengidentifikasi-ciri-ciri-makhluk.html
KD 6.2 mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan
ciri-ciri yang dimiliki http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/62-mengklasifikasikan-makhluk-hidup.html