Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Model Soal
|
No Soal
|
Kunci
|
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
|
Pertumbuhan dan Perkembangan
|
Ø Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
|
PG
|
1.
|
A
|
Ø Membandingkan pertumbuhan beberapa macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuh .
|
PG
|
2.
|
C
B
|
|||
Ø Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
|
PG
|
3.
|
C
|
|||
Ø Membandingkan
metamorfosis dan metagenesis
|
PG
|
4.
|
B
D
|
|||
1.2 Mendeskripsikan tahapan
perkembangan manusia
|
Perkembangan pada Manusia
|
Ø Mendeskripsikan tahapan
perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa.
|
PG
|
5.
|
A
|
|
Ø Membedakan ciri anak-anak, remaja, dewasa dan manula.
|
PG
|
6.
|
B
|
|||
Ø Mengurutkan
tahap-tahap perkembangan manusia.
|
PG
|
7.
|
C
|
|||
Ø Mendeskripsikan ciri-ciri remaja yang mengalami pubertas pada laki-laki dan perempuan
|
PG
|
8.
|
A
D
|
|||
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Gerak
|
Ø
Membandingkan
macam organ penyusun sistem gerak pada manusia.
|
PG
|
9.
|
D
|
|
Ø Mampu mengelompokkan tulang berdasarkan bentuk, letak, dan jaringan penyusunnya.
|
PG
|
10.
|
C
|
|||
Ø Mengidentifikasi
macam sendi dan fungsinya.
|
PG
|
11.
|
B
C
|
|||
Ø membedakan struktur dan cara kerja otot polos, otot lurik, dan otot
jantung.
|
PG
|
12.
|
A
|
|||
Ø
Mendata contoh kelainan dan penyakit yang
berkaitan dengan tulang
|
PG
|
13.
|
C
|
|||
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
|
Pencernaan makanan
|
Ø Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi.
|
PG
|
14.
|
D
B
|
|
Ø Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada
manusia.
|
PG
|
15.
|
A
|
|||
Ø Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di
dalamnya dan menjelaskan fungsinya
|
PG
|
16.
|
D
|
|||
Ø Menjelaskan fungsi makanan bagi manusia, termasuk pentingnya ASI bagi
bayi.
|
PG
|
17.
|
B
|
|||
Ø Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan
|
PG
|
18.
|
A
|
|||
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
|
Atom, ion, dan molekul
|
Ø Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
|
PG
|
19.
|
C
|
Ø Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.
|
PG
|
20.
|
D
|
|||
3.2 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia
sehari-hari
|
Hubungan konsep atom,
ion, dan molekul
|
Ø Menjelaskan
hubungan atom, ion dan molekul
|
PG
|
21.
|
D
|
|
Ø Mendeskripsikan
komponen penyusun salah satu produk kimia
|
PG
|
22.
|
B
|
|||
3.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
|
Molekul dan unsur
|
Ø Menjelaskan
dengan simbol perbedaan antara molekul unsur
|
PG
|
23.
|
A
|
|
Ø Menunjukkan
beberapa contoh molekul sederhana
dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
24.
|
A
|
|||
5. Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada
suatu benda yang dikenai gaya
|
Gaya
|
Ø Melukiskan
penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun
berlawanan.
|
PG
|
25.
|
C
|
Ø Membedakan
besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda
kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
|
PG
|
26.
|
C
|
|||
Ø Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan
gaya gesekan yang merugikan
|
PG
|
27.
|
B
|
|||
Ø
Membandingkan berat
dan massa suatu benda
|
PG
|
28.
|
D
|
|||
5.2
Menerapkan hukum Newton
untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum Newton
|
Ø Mendemonstrasikan
hukum I Newton secara sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
29.
|
B
|
|
Ø Mendemonstrasikan hukum II
Newton dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
PG
|
30.
|
C
|
|||
Ø Mendemonstrasikan hukum III
Newton dan penerapannya dalam
kehidupan
sehari-hari
|
PG
|
31.
|
D
|
|||
5.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan
energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Usaha dan Energi
|
Ø Menunjukkan bentuk-bentuk
energi dan contohnya dalam kehidupan
sehari-hari
Ø Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
PG
|
32.
|
A
|
|
Ø Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda
yang bergerak
|
PG
|
33.
|
A
|
|||
Ø Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan
sehari-hari
|
PG
|
34.
|
D
|
|||
Ø Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha
|
PG
|
35.
|
B
|
Panggang, Oktober 2012
Guru
Mata Pelajaran
Dewi
Setya Wulandari, S.Si
NIP.
19800115 200903 2 001
Link:
Soal ujian mid kelas 9 2012 2013 http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/soal-ujian-mid-kelas-ix-semester-i-mata.html
Kisi ujian mid kelas 9 2012 2013 http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/kisi-ujian-mid-kelas-ix-semester-i-mata.html
Soal ujian mid kelas 8 2012 2013 http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/soal-ujian-mid-kelas-viii-semester-i-mata.html
Soal ujian mid kelas 7 2012 2013 http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/soal-ujian-mid-kelas-vii-semester-i-mata.html
Kisi ujian mid kelas 7 2012 2013 http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/kisi-ujian-mid-kelas-vii-semester-i.html