Saturday, October 20, 2012

KISI UJIAN MID KELAS VIII SEMESTER I MATA PELAJARAN IPA TERPADU TAHUN AJARAN 2012-2013

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Model Soal
No Soal
Kunci
1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
1.1  Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup

Pertumbuhan dan Perkembangan
Ø  Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
PG
1.      
A
Ø  Membandingkan pertumbuhan beberapa macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuh .
PG
2.      
C




B
Ø  Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
PG
3.      
C
Ø  Membandingkan metamorfosis dan metagenesis
PG
4.      
B




D
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia

Perkembangan pada Manusia
Ø  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa.
PG
5.      
A
Ø  Membedakan ciri anak-anak, remaja, dewasa dan manula.
PG
6.      
B
Ø  Mengurutkan tahap-tahap perkembangan manusia.
PG
7.      
C
Ø  Mendeskripsikan ciri-ciri remaja yang mengalami pubertas pada laki-laki dan perempuan
PG
8.      

A




D
1.3  Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan



Sistem Gerak

Ø  Membandingkan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia.
PG
9.      
D
Ø  Mampu mengelompokkan tulang berdasarkan bentuk, letak, dan jaringan penyusunnya.
PG
10.   
C
Ø  Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya.
PG
11.   
B




C
Ø  membedakan struktur dan cara kerja otot polos, otot lurik, dan otot jantung.
PG
12.   
A
Ø  Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang
PG
13.   
C
1.4  Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan

Pencernaan makanan

Ø  Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi.
PG
14.   
D





B
Ø  Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia.
PG
15.   
A
Ø  Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya dan menjelaskan fungsinya
PG
16.   
D
Ø  Menjelaskan fungsi makanan bagi manusia, termasuk pentingnya ASI bagi bayi.
PG
17.   
B
Ø  Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan
PG
18.   
A
3. Menjelaskan konsep partikel materi
3.1  Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul

Atom, ion, dan molekul
Ø  Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
PG
19.   
C
Ø  Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.
PG
20.   
D
3.2  Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
Hubungan konsep atom, ion, dan molekul
Ø  Menjelaskan hubungan atom, ion dan molekul
PG
21.   
D
Ø  Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia
PG
22.   
B
3.3  Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
Molekul dan unsur
Ø  Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur
PG
23.   
A
Ø  Menunjukkan beberapa contoh  molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari
PG
24.   
A
5.   Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari

5.1    Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya
Gaya
Ø  Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.
PG
25.   
C
Ø  Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
PG
26.   
C
Ø  Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
PG
27.   
B
Ø  Membandingkan berat dan massa suatu benda
PG
28.   
D
5.2    Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
Hukum Newton
Ø  Mendemonstrasikan hukum I Newton  secara sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
PG
29.   
B
Ø  Mendemonstrasikan hukum II  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
PG
30.   
C
Ø  Mendemonstrasikan hukum III  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
PG
31.   
D
5.3    Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Usaha dan Energi
Ø  Menunjukkan  bentuk-bentuk energi  dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
Ø  Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
PG
32.   
A
Ø  Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak
PG
33.   
A
Ø  Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari
PG
34.   
D
Ø  Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha
PG
35.   
B



                                                                                               Panggang,  Oktober 2012
                                                                                               Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                                                                                                                                 
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                

                                                                                               Dewi Setya Wulandari, S.Si
                                                                                               NIP. 19800115 200903 2 001


Link: