RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 3 Panggang
Mata
Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)/Biologi
Kelas /
Semester : VII (Tujuh)/ I (Ganjil)
Tahun Ajaran : 2012-2013
Standart Kompetensi:
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar:
6.2 mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
Indikator:
1)
Membedakan makhluk hidup yang
satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya
2)
Mendeskripsikan pentingnya
dilakukan klasifikasi makhluk hidup
3)
Membuat perbandingan ciri-ciri
khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom
4)
Mengklasifikasi beberapa mahluk
hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati
Alokasi Waktu: 10 x 40
menit (5 pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:
1)
Menjelaskan tujuan klasifikasi
makhluk hidup.
2)
Menjelaskan dasar klasifikasi
makhluk hidup.
3)
Mengelompokkan hewan
berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
4)
Mengetahui klasifikasi makhluk
hidup menurut Carolus Linnaeus.
5)
Mengetahui sistem klasifikasi 5
kingdom.
6)
Menuliskan nama ilmiah makhluk
hidup.
7)
Menjelaskan tujuan kunci
determinasi.
B.
Materi Pembelajaran:
Ciri-ciri hidup tumbuhan dan hewan
C.
Metode Pembelajaran:
1) Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative
Learning
2) Metode/Strategi
- Ceramah
- Observasi lingkungan
- Diskusi kelompok
- Praktik
D.
Langkah-langkah
kegiatan:
1.
Pertemuan pertama, 2 x
40’ , Ceramah
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
·
Motivasi dan Apersepsi:
- Guru memberi
apersepsi dengan menayangkan gambar berbagai macam tanaman obat
- Guru
memberi motivasi dengan mengajukan pertanyaan ”Ada yang tahu persamaan
tanaman-tanaman ini?”
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Peserta didik memahami ciri-ciri makhluk hidup dan berbagai
karakteristiknya
|
TM
|
Kritis
Teliti
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
a.
Eksplorasi
F
Guru menjelaskan tentang
plasma nutfah
|
TM
|
Perhatian
|
||
b.
Elaborasi
F Guru membimbing
peserta didik memahami tujuan klasifikasi makhluk hidup
F Guru menjelaskan berbagai tingkatan
takson
|
TM
|
Perhatian
Rasa hormat
|
||
c.
Konfirmasi
F Guru membimbing peserta didik mengenal takson beberapa tumbuhan
dan hewan
|
TM
|
Ketelitian
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F Guru memberikan
penguatan konsep tentang kaitan tingkat takson dan keeratan kekerabatan
F
Guru memberi tugas peserta
didik secara berkelompok melakukan studi pustaka menemukan klasifikasi 5
jenis hewan dan 5 jenis tumbuhan
|
TM
PT
|
Perhatian
Tanggung jawab
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari : _________________
Tanggal:
_________________
|
2.
Pertemuan kedua, 2 x 40’
(Diskusi Kelompok dan Ceramah)
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Guru memeriksa tugas rumah
-
Guru mengundi urutan kelompok yang akan mempresentasikan tugas rumah
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Peserta didik telah mengerjakan tugas rumah
|
TM
|
Tanggung jawab
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
a.
Eksplorasi
F
Wakil dari kelompok
mempresentasikan klasifikasi hewan dan tumbuhan
F
Peserta didik dari kelompok
yang berbeda dipersilahkan mengajukan pertanyaan
F
Anggota kelompok berdiskusi
dan menjawab pertanyaan yang diajukan teman atau ibu guru dengan santun
F
Guru mengklarifikasi jawaban
yang belum tepat
|
TM
|
Rasa hormat dan perhatian
|
||
b.
Elaborasi
F
Guru memaparkan power poin
tentang tata nama binomial dan tata cara penulisannya yang baik dan benar
|
TM
|
Rasa hormat dan perhatian
|
||
c.
Konfirmasi
F
Guru membimbing peserta didik
menemukan nama ilmiah dari hewan dan tumbuhan
|
TM
|
Rasa ingin tahu
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F
Guru
membenarkan tata cara penulisan nama ilmiah yang
kurang tepat
F Guru memberikan tugas merangkum klasifikasi 5 kingdom (Monera,
Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia)
|
TM
|
Ketelitian
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari : _________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
3.
Pertemuan ketiga, 2 x
40’ (Ceramah dan Diskusi Kelompok)
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Guru memeriksa tugas rumah
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Peserta didik telah mengerjakan tugas rumah
|
TM
|
Tanggung jawab
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
a.
Eksplorasi
F Guru mengkaji pemahaman peserta didik tentang klasifikasi 5
kingdom
|
TM
|
Rasa hormat dan perhatian
|
||
b.
Elaborasi
F
Guru memaparkan power poin
tentang klasifikasi 5 kingdom (Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan
Animalia) ciri-ciri dan contoh-contoh anggotanya
|
TM
|
Rasa hormat dan perhatian
|
||
c.
Konfirmasi
F
Guru menayangkan beberapa
gambar organisme dan meminta peserta didik menebak kingdom dari organisme
tersebut
F
Guru
bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
TM
|
Rasa ingin tahu
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F
Guru
menayangkan contoh kunci determinasi
F
Guru
memberikan tugas merangkum kunci determinasi dan menbuat satu kunci
determinasi
|
TM
|
Tanggung jawab
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
4.
Pertemuan keempat, 2 x
40’, Praktik
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Guru memeriksa tugas rumah
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Peserta didik telah mengerjakan tugas rumah
|
TM
|
Tanggung jawab
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
a.
Eksplorasi
F Guru menayangkan gambar hewan dan tumbuhan
|
TM
|
ketelitian
|
||
b.
Elaborasi
F Guru membimbing peserta didik membuat kunci determinasi dari
hewan/tumbuhan yang ditayangkan.
|
TM
|
ketelitian
Ketekunan
|
||
c.
Konfirmasi
F
Guru
bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
TM
|
Ketelitian
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F Guru menguatkan konsep pokok pembuatan kunci determinasi
|
PT
|
Ketelitian
Tanggung jawab
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
5.
Pertemuan kelima, 2 x
40’ (Ulangan Harian)
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
F
Guru
membagikan soal Ulangan Harian
F
Peserta
didik mempersiapkan lembar jawaban di buku ulangan
|
TM
|
Tanggung jawab
Tertib
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
F
Ulangan
Harian
|
TM
|
Jujur
Tertib
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F
Guru meminta peserta didik mengumpulkan
hasil pekerjaaan
F
Guru membahas soal bersama
peserta didik
|
TM
|
Ketelitian
Tanggung jawab
Tertib
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
E.
Sumber belajar
1)
Power point ciri-ciri makhluk
hidup
2)
Buku
referensi
3)
Buku peserta didik
4)
Lingkungan
5)
Kartu
gambar hewan
6)
Kartu
gambar tumbuhan
F.
Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan
kinerja
1)
Penilaian tertulis
- Penilaian
soal kuis
Masing-masing soal skor 1
Skor maksimal : 10
Nilai = Skor yang diperoleh x 10
- Penilaian
Ketrampilan Proses
Lembar Observasi Ketrampilan Membuat
Tabel dan Tabulasi data
No Absen
|
Judul
|
Variabel
|
Keakuratan Data
|
Tampilan Tabel
|
||||
A
|
B
|
A
|
B
|
A
|
B
|
A
|
B
|
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
Keterangan:
1. Judul
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan
indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai
Skor 0 bila: tidak dituliskan
2. Variabel yang diamati
Skor 3
bila: Semua variabel dituliskan dalam kepala tabel ( Nama hasil inventaris, keterangan
kategori biotik/abiotik).
Skor 2 bila: ditulis 2 variabel
dengan penulisan judul kepala tabel kurang tepat
Skor 1 bila: hanya ditulis 1
variabel
3. Penyajian Data
Skor 3
bila: Sistematis, semua data terekam
Skor 2 bila: Kurang sistematis, tapi
semua data terekam
Skor 1 bila: Kurang sistematis dan
tidak semua data terekam
4. Tampilan tabel
Skor 3 bila: rapi, bersih, dan
menarik
Skor 2 bila: hanya muncul 2
indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 1
indikator
2)
Penilaian Kinerja
- Penilaian
Laporan
Lembar Observasi Ketrampilan Membuat
Laporan
Pengumpulan Kelas A Hari/Tanggal:
_____________________________________
Pengumpulan Kelas B Hari/Tanggal:
_____________________________________
No
|
Item Penilaian
|
Skor untuk Kelompok
|
|||||||
Kelas A
|
Kelas B
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Judul
|
||||||||
2
|
Tujuan
|
||||||||
3
|
Penyajian Data
|
||||||||
4
|
Kesimpulan
|
||||||||
5
|
Teknik Penulisan
|
||||||||
Jumlah
|
Keterangan:
1. Judul
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan
indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
2. Tujuan
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan
indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
3. Penyajian Data
Skor 3
bila: Sistematis, semua data terekam
Skor 2 bila: Kurang sistematis, tapi
semua data terekam
Skor 1 bila: Kurang sistematis dan
tidak semua data terekam
4. Kesimpulan
Skor 3 bila: sistematis dan sesuai
dengan tujuan
Skor 2 bila: kurang sistematis
meskipun sesuai dengan tujuan
Skor 1 bila: kurang sistematis dan
tidak sesuai dengan tujuan
5. Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: rapi, jelas, to the poin
Skor 2 bila: hanya muncul 2
indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 1
indikator
- Penilaian
diskusi/presentasi
Lembar
Observasi Ketrampilan Presentasi Kelompok
Penilaian Kelas
A Hari/Tanggal: _____________________________________
Penilaian Kelas
B Hari/Tanggal: _____________________________________
No
|
Item Penilaian
|
Skor untuk Kelompok
|
|||||||
Kelas A
|
Kelas B
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Kebenaran isi
|
||||||||
2
|
Kejelasan Suara
|
||||||||
3
|
Keruntutan Penyampaian
|
||||||||
4
|
Kemampuan menanggapi pertanyaan
|
||||||||
5
|
Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
|
||||||||
Jumlah
|
|||||||||
Rata-rata
|
Keterangan:
1. Kebenaran Isi
Skor 3 bila: Semua isi konsep yang
disampaikan benar
Skor 2 bila: 75% isi konsep yang
disampaikan benar
Skor 1 bila: 25-50% isi konsep yang
disampaikan benar
Skor 0 bila: dalam penyampaian tidak
ada konsep yang isinya benar
2. Kejelasan suara
Skor 3 bila: suara cukup keras,
jelas, intonasi beragam, bersemangat
Skor 2 bila: hanya muncul 3
indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 2 indikator
Skor 0 bila: tidak ada indikator
yang muncul
3. Keruntutan Penyajian
Skor 3
bila: semua materi yang disajikan secara urut (judul presentasi, data hasil
pengamatan, jawaban pertanyaan, simpulan)
Skor 2 bila: hanya 3 materi yang
disajikan secara urut
Skor 1 bila: hanya 2 materi yang
disajikan secara urut
Skor 0 bila: penyajian materi sama
sekali tidak urut
4. Kemampuan menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: semua pertanyaan
ditanggapi dengan 3 kriteria: jelas, benar, dan sopan
Skor 2 bila: semua pertanyaan ditanggapi
dengan 2 kriteria
Skor 1 bila: semua pertanyaan
ditanggapi dengan 1 kriteria
Skor 0 bila: bila ada pertanyaan yang tidak ditanggapi
5. Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: pertanyaan ditanggapi
oleh 3 anggota kelompok
Skor 2 bila: pertanyaan ditanggapi
oleh 2 anggota kelompok
Skor 1 bila: pertanyaan ditanggapi
oleh 1 anggota kelompok
Skor 0 bila: anggota kelompok tidak
berbagi tugas dalam menanggapi pertanyaan
Mengetahui, Panggang,
1 Juli 2012
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Samiarso, S.Pd Dewi
Setya Wulandari, S.Si
NIP. 19620419 198403 1 007 NIP.
19800115 200903 2 001
Link:
KD 5.1 Melaksanakan
pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi
gejala alam biotik dan abiotik http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/rpp-kd-11-melaksanakan-pengamatan-objek.html
KD 5.2 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya
untuk mengamati gejala-gejala kehidupan http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/52-menggunakan-mikroskop-dan-peralatan.html
KD 6.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/61-mengidentifikasi-ciri-ciri-makhluk.html