Sabtu, 20 Oktober 2012

RPP 6.2 mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMPN 3 Panggang
Mata Pelajaran          : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)/Biologi
Kelas / Semester         : VII (Tujuh)/ I (Ganjil)
Tahun Ajaran           : 2012-2013
                                   
Standart Kompetensi:
6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
Kompetensi Dasar:
6.2 mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
 Indikator:
1)      Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya
2)      Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup
3)      Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom
4)      Mengklasifikasi beberapa mahluk hidup di sekitar berdasar ciri yang diamati
Alokasi Waktu: 10 x 40 menit (5 pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:
1)      Menjelaskan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
2)      Menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup.
3)      Mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
4)      Mengetahui klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus.
5)      Mengetahui sistem klasifikasi 5 kingdom.
6)      Menuliskan nama ilmiah makhluk hidup.
7)      Menjelaskan tujuan kunci determinasi.
B.    Materi Pembelajaran:
Ciri-ciri hidup tumbuhan dan hewan
C.    Metode Pembelajaran:
1)      Model
-           Direct Instruction (DI)
            -           Cooperative Learning
2)                  Metode/Strategi
            -           Ceramah
-           Observasi lingkungan
-           Diskusi kelompok
-           Praktik
D.    Langkah-langkah kegiatan:
1.      Pertemuan pertama, 2 x 40’ , Ceramah

No.
Kegiatan
TM/PT/KMTT
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan



·         Motivasi dan Apersepsi:
       - Guru memberi apersepsi dengan menayangkan gambar berbagai macam tanaman obat
       - Guru memberi motivasi dengan mengajukan pertanyaan ”Ada yang tahu persamaan tanaman-tanaman ini?”
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Peserta didik memahami ciri-ciri makhluk hidup dan berbagai karakteristiknya

TM

Kritis
Teliti


2.
Kegiatan Inti



a.       Eksplorasi
F Guru menjelaskan tentang plasma nutfah

TM

Perhatian


b.      Elaborasi
F Guru membimbing peserta didik memahami tujuan klasifikasi makhluk hidup
F Guru menjelaskan berbagai tingkatan takson

TM

Perhatian
Rasa hormat


c.       Konfirmasi
F Guru membimbing peserta didik mengenal takson beberapa tumbuhan dan hewan

TM

Ketelitian

3.
Kegiatan Penutup




F Guru memberikan penguatan konsep tentang kaitan tingkat takson dan keeratan kekerabatan
F Guru memberi tugas peserta didik secara berkelompok melakukan studi pustaka menemukan klasifikasi 5 jenis hewan dan 5 jenis tumbuhan
TM

PT
Perhatian

Tanggung jawab

Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
Kelas B
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
2.      Pertemuan kedua, 2 x 40’ (Diskusi Kelompok dan Ceramah)

No.
Kegiatan
TM/PT/KMTT
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan



·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Guru memeriksa tugas rumah
       -   Guru mengundi urutan kelompok yang akan mempresentasikan tugas rumah
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Peserta didik telah mengerjakan tugas rumah

TM

Tanggung jawab

2.
Kegiatan Inti



a.       Eksplorasi
F Wakil dari kelompok mempresentasikan klasifikasi hewan dan tumbuhan
F Peserta didik dari kelompok yang berbeda dipersilahkan mengajukan pertanyaan
F Anggota kelompok berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang diajukan teman atau ibu guru dengan santun
F Guru mengklarifikasi jawaban yang belum tepat

TM

Rasa hormat dan perhatian


b.      Elaborasi
F Guru memaparkan power poin tentang tata nama binomial dan tata cara penulisannya yang baik dan benar

TM
Rasa hormat dan perhatian


c.       Konfirmasi
F Guru membimbing peserta didik menemukan nama ilmiah dari hewan dan tumbuhan

TM

Rasa ingin tahu

3.
Kegiatan Penutup




F Guru membenarkan tata cara penulisan nama ilmiah yang kurang tepat
F Guru memberikan tugas merangkum klasifikasi 5 kingdom (Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia)
TM
Ketelitian

Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
Kelas B
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
Hari      : _________________
Tanggal: _________________

3.      Pertemuan ketiga, 2 x 40’ (Ceramah dan Diskusi Kelompok)

No.
Kegiatan
TM/PT/KMTT
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan



·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Guru memeriksa tugas rumah
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Peserta didik telah mengerjakan tugas rumah

TM

Tanggung jawab

2.
Kegiatan Inti



a.       Eksplorasi
F Guru mengkaji pemahaman peserta didik tentang klasifikasi 5 kingdom

TM

Rasa hormat dan perhatian


b.      Elaborasi
F Guru memaparkan power poin tentang klasifikasi 5 kingdom (Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia) ciri-ciri dan contoh-contoh anggotanya

TM
Rasa hormat dan perhatian


c.       Konfirmasi
F Guru menayangkan beberapa gambar organisme dan meminta peserta didik menebak kingdom dari organisme tersebut
F Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

TM

Rasa ingin tahu

3.
Kegiatan Penutup




F Guru menayangkan contoh kunci determinasi
F Guru memberikan tugas merangkum kunci determinasi dan menbuat satu kunci determinasi
TM
Tanggung jawab

Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
Kelas B
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
Hari      : _________________
Tanggal: _________________

4.      Pertemuan keempat, 2 x 40’, Praktik

No.
Kegiatan
TM/PT/KMTT
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan



·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Guru memeriksa tugas rumah
·                Prasyarat pengetahuan:
     -   Peserta didik telah mengerjakan tugas rumah

TM

Tanggung jawab

2.
Kegiatan Inti



a.       Eksplorasi
F Guru menayangkan gambar hewan dan tumbuhan

TM

ketelitian


b.      Elaborasi
F Guru membimbing peserta didik membuat kunci determinasi dari hewan/tumbuhan yang ditayangkan.

TM

ketelitian
Ketekunan


c.       Konfirmasi
F Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

TM

Ketelitian

3.
Kegiatan Penutup




F Guru menguatkan konsep pokok pembuatan kunci determinasi
PT
Ketelitian
Tanggung jawab

Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
Kelas B
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
5.      Pertemuan kelima, 2 x 40’ (Ulangan Harian)

No.
Kegiatan
TM/PT/KMTT
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan



F Guru membagikan soal Ulangan Harian
F Peserta didik mempersiapkan lembar jawaban di buku ulangan
TM
Tanggung jawab
Tertib

2.
Kegiatan Inti



F Ulangan Harian
TM

Jujur
Tertib

3.
Kegiatan Penutup




F Guru meminta peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaaan
F Guru membahas soal bersama peserta didik
TM

Ketelitian
Tanggung jawab
Tertib

Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
Kelas B
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
E.    Sumber belajar
1)      Power point ciri-ciri makhluk hidup
2)      Buku referensi
3)      Buku peserta didik
4)      Lingkungan
5)      Kartu gambar hewan
6)      Kartu gambar tumbuhan
F.     Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja
1)      Penilaian tertulis
  1. Penilaian soal kuis
Masing-masing soal skor 1
Skor maksimal : 10
Nilai = Skor yang diperoleh x 10
  1. Penilaian Ketrampilan Proses
Lembar Observasi Ketrampilan Membuat Tabel dan Tabulasi data
No Absen
Judul
Variabel
Keakuratan Data
Tampilan Tabel
A
B
A
B
A
B
A
B
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








Keterangan:
1.      Judul
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai
Skor 0 bila: tidak dituliskan
2.      Variabel yang diamati
Skor 3 bila: Semua variabel dituliskan dalam kepala tabel ( Nama hasil inventaris, keterangan kategori biotik/abiotik).
Skor 2 bila: ditulis 2 variabel dengan penulisan judul kepala tabel kurang tepat
Skor 1 bila: hanya ditulis 1 variabel
3.      Penyajian Data
Skor 3 bila: Sistematis, semua data terekam
Skor 2 bila: Kurang sistematis, tapi semua data terekam
Skor 1 bila: Kurang sistematis dan tidak semua data terekam
4.      Tampilan tabel
Skor 3 bila: rapi, bersih, dan menarik
Skor 2 bila: hanya muncul 2 indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 1 indikator
2)      Penilaian Kinerja
  1. Penilaian Laporan
Lembar Observasi Ketrampilan Membuat Laporan
Pengumpulan Kelas A Hari/Tanggal: _____________________________________
Pengumpulan Kelas B Hari/Tanggal: _____________________________________
No
Item Penilaian
Skor untuk Kelompok
Kelas A
Kelas B
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Judul








2
Tujuan








3
Penyajian Data








4
Kesimpulan








5
Teknik Penulisan








Jumlah








Keterangan:
1.      Judul
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
2.      Tujuan
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
3.      Penyajian Data
Skor 3 bila: Sistematis, semua data terekam
Skor 2 bila: Kurang sistematis, tapi semua data terekam
Skor 1 bila: Kurang sistematis dan tidak semua data terekam
4.      Kesimpulan
Skor 3 bila: sistematis dan sesuai dengan tujuan
Skor 2 bila: kurang sistematis meskipun sesuai dengan tujuan
Skor 1 bila: kurang sistematis dan tidak sesuai dengan tujuan
5.      Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: rapi, jelas, to the poin
Skor 2 bila: hanya muncul 2 indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 1 indikator
  1. Penilaian diskusi/presentasi
Lembar Observasi Ketrampilan Presentasi Kelompok
Penilaian Kelas A Hari/Tanggal: _____________________________________
Penilaian Kelas B Hari/Tanggal: _____________________________________
No
Item Penilaian
Skor untuk Kelompok
Kelas A
Kelas B
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Kebenaran isi








2
Kejelasan Suara








3
Keruntutan Penyampaian








4
Kemampuan menanggapi pertanyaan








5
Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan








Jumlah








Rata-rata








Keterangan:
1.      Kebenaran Isi
Skor 3 bila: Semua isi konsep yang disampaikan benar
Skor 2 bila: 75% isi konsep yang disampaikan benar
Skor 1 bila: 25-50% isi konsep yang disampaikan benar
Skor 0 bila: dalam penyampaian tidak ada konsep yang isinya benar
2.      Kejelasan suara
Skor 3 bila: suara cukup keras, jelas, intonasi beragam, bersemangat
Skor 2 bila: hanya muncul 3 indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 2 indikator
Skor 0 bila: tidak ada indikator yang muncul
3.      Keruntutan Penyajian
Skor 3 bila: semua materi yang disajikan secara urut (judul presentasi, data hasil pengamatan, jawaban pertanyaan, simpulan)
Skor 2 bila: hanya 3 materi yang disajikan secara urut
Skor 1 bila: hanya 2 materi yang disajikan secara urut
Skor 0 bila: penyajian materi sama sekali tidak urut
4.      Kemampuan menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: semua pertanyaan ditanggapi dengan 3 kriteria: jelas, benar, dan sopan
Skor 2 bila: semua pertanyaan ditanggapi dengan 2 kriteria
Skor 1 bila: semua pertanyaan ditanggapi dengan 1 kriteria
Skor 0 bila:  bila ada pertanyaan yang tidak ditanggapi
5.      Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: pertanyaan ditanggapi oleh 3 anggota kelompok
Skor 2 bila: pertanyaan ditanggapi oleh 2 anggota kelompok
Skor 1 bila: pertanyaan ditanggapi oleh 1 anggota kelompok
Skor 0 bila: anggota kelompok tidak berbagi tugas dalam menanggapi pertanyaan

Mengetahui,                                                                      Panggang, 1 Juli 2012
Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran


Samiarso, S.Pd                                                                  Dewi Setya Wulandari, S.Si
NIP. 19620419 198403 1 007                                          NIP. 19800115 200903 2 001


Link:

KD 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/rpp-kd-11-melaksanakan-pengamatan-objek.html

KD 5.2 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/52-menggunakan-mikroskop-dan-peralatan.html