Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Soal
|
No Soal
|
Kunci
|
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan
|
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
|
Besaran
|
Ø Mengindentifikasikan
besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari kemudian mengelompokkan
dalam besaran pokok dan turunan
|
PG
|
1.
|
D
|
PG
|
2.
|
A
|
||||
PG
|
3.
|
C
|
||||
Ø Menggunakan satuan Internasional dalam pengukuran
|
PG
|
4.
|
D
|
|||
Ø Mengkonversi satuan panjang, masa, dan waktu secara sederhana
|
PG
|
5.
|
B
|
|||
PG
|
6.
|
D
|
||||
1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
|
Suhu
|
Ø Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
|
PG
|
7.
|
C
|
|
Ø Membuat termometer sederhana,
berskala berdasarkan sifat perubahan volume
|
PG
|
8.
|
A
|
|||
Ø Membandingkan skala termometer Celcisius dengan termometer yang lain
|
PG
|
9.
|
B
|
|||
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pengukuran
|
Ø Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
|
PG
|
10.
|
A
|
|
Ø Memperhatikan dan menerapkan keselamatan kerja dalam pengukuran
|
PG
|
11.
|
A
|
|||
2.
Memahami klasifikasi zat
|
2.1 Mengelompokkan sifat
larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang
tepat
|
Asam basa
|
Ø Mengindentifikasikan sifat asam, basa, garam dengan menggunakan
Indikator
|
PG
|
12.
|
D
|
PG
|
13.
|
C
|
||||
Ø Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep
asam, basa dan garam
|
PG
|
14.
|
C
|
|||
PG
|
15.
|
B
|
||||
Ø Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan
kebasaan
|
PG
|
16.
|
B
|
|||
PG
|
17.
|
C
|
||||
2.2
Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam
kehidupan sehari-hari
|
Asam basa
|
Ø Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium
dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu
|
PG
|
18.
|
A
|
|
2.3
Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
|
Unsur kimia
|
Ø Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
|
PG
|
19.
|
B
|
|
Ø Menuliskan nama dan lambang unsur
|
PG
|
20.
|
D
|
|||
Ø Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
|
PG
|
21.
|
B
|
|||
Ø Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
|
PG
|
22.
|
A
|
|||
2.4
Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
Senyawa dan campuran
|
Ø Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
|
PG
|
23.
|
C
|
|
Ø Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
|
PG
|
24.
|
D
|
|||
Ø Mengelompokkan zat-zat kedalam
campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
25.
|
A
|
|||
5. Memahami gejala-gejala alam melalui
pengamatan
|
5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk
memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
|
Ciri-ciri hidup makhluk hidup
|
Ø Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan
|
PG
|
26.
|
C
|
PG
|
27.
|
D
|
||||
PG
|
28.
|
B
|
||||
PG
|
29.
|
B
|
||||
PG
|
30.
|
D
|
||||
PG
|
31.
|
C
|
||||
PG
|
32.
|
C
|
||||
5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
|
Mikroskop
|
Ø Mengenal bagian-bagian mikroskop
|
PG
|
33.
|
A
|
|
PG
|
34.
|
C
|
||||
PG
|
35.
|
D
|
||||
PG
|
36.
|
B
|
||||
PG
|
37.
|
A
|
||||
Ø Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus, pencahayaan,
menemukan objek Mikropis)
|
PG
|
38.
|
A
|
|||
PG
|
39.
|
B
|
||||
PG
|
40.
|
C
|
||||
PG
|
41.
|
B
|
||||
PG
|
42.
|
D
|
||||
5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam
melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
Keselamatan kerja
|
Ø Memegang, membawa dan memperlakukan
alat dan bahan secara aman
|
PG
|
43.
|
C
|
|
Ø Mendeskripsikan bahan-bahan yang berbahaya dan yang dapat menimbulkan
penyakit
|
PG
|
44.
|
A
|
|||
Ø Mengindentifikasi simbol-simbol dalam Laboratorium
|
PG
|
45.
|
D
|
Panggang,
Oktober 2012
Guru
Mata Pelajaran
Dewi
Setya Wulandari, S.Si
NIP.
19800115 200903 2 001
Link:
Soal ujian mid kelas 9 2012 2013 http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/soal-ujian-mid-kelas-ix-semester-i-mata.html
Kisi ujian mid kelas 9 2012 2013 http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/kisi-ujian-mid-kelas-ix-semester-i-mata.html
Soal ujian mid kelas 8 2012 2013 http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/soal-ujian-mid-kelas-viii-semester-i-mata.html
Kisi ujian mid kelas 8 2012 2013 http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/kisi-ujian-mid-kelas-viii-semester-i.html
Soal ujian mid kelas 7 2012 2013 http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/soal-ujian-mid-kelas-vii-semester-i-mata.html