Saturday, October 20, 2012

RPP 5.2 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMPN 3 Panggang
Mata Pelajaran          : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)/Biologi
Kelas / Semester         : VII (Tujuh)/ I (Ganjil)
Tahun Ajaran           : 2012-2013
                       
Standart Kompetensi:
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar:
5.2 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
Indikator:
1)      Mengenal (menyebutkan dan menunjukkan)  bagian-bagian mikroskop dan fungsinya
2)      Mampu menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur fokus dan pencahayaan)
3)      Mampu menyiapkan dan menyimpan mikroskop dengan benar
4)      Mampu menemukan dan mengamati preparat sediaan mikroskopis
5)      Mampu membuat preparat basah dengan sayatan menurut arah tertentu (melintang, membujur)
6)      Menjelaskan cara mengawetkan hewan dan tumbuhan
Alokasi Waktu: 6 x 40 menit (4 pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:
1)      Mengenal bagian-bagian mikroskop
2)      Mengenal fungsi mikroskop
3)      Menggunakan mikroskop dengan benar
4)      Mempelajari cara menyiapkan mikroskop
5)      Mempelajari cara menyimpan mikroskop
6)      Mengamati objek dengan mikroskop
7)      Mempraktekkan cara membuat preparat basah
B.    Materi Pembelajaran:
Mempergunakan dan merawat mikroskop
C.    Metode Pembelajaran:
1)      Model
-           Direct Instruction (DI)
            -           Cooperative Learning
2)                  Metode/Strategi
            -           Ceramah
-           Studi pustaka
-           Diskusi kelompok
-           Praktik
A.    Langkah-langkah kegiatan:
1.      Pertemuan pertama, 2 x 40 menit, Ceramah dan Studi Pustaka

No.
Kegiatan
TM/PT/KMTT
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan



·         Motivasi dan Apersepsi:
       -  Guru memberi motivasi peserta didik dengan memperlihatkan mikroskop
       - Guru memberi apersepsi menggali pengetahuan awal peserta didik dengan menanyakan, “ Apakah benda ini? Apakah kalian pernah menggunakan sebelumnya?. Benda ini disebut mikroskop dan berfungsi untuk mengamati benda-benda yang mikroskopis, yang tidak bisa dilihat dengan mata biasa”.
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Peserta didik memahami konsep biotik dan abiotik

TM

Kritis

Tanggung jawab

2.
Kegiatan Inti



a.       Eksplorasi
F Guru membagi peserta didik dalam kelompok dan melengkapi setiap kelompok dengan sebuah mikroskop
F Guru membimbing peserta didik untuk studi pustaka dari buku literatur tentang bagian-bagian mikroskop

TM

Tanggung jawab
Teliti


b.      Elaborasi
F Guru membimbing peserta didik mengerti dan menunjukkan bagian-bagian mikroskop.
F Peserta didik mendiskusikan tentang fungsi dari bagian-bagian mikroskop.

TM

Tanggung jawab
Disiplin
Ketekunan


c.       Konfirmasi
F Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

TM

Ketelitian

3.
Kegiatan Penutup




F Guru mempresentasikan cara memegang, menggunakan, dan menyimpan mikroskop
F Guru memberi tugas untuk membawa alat dan bahan praktik
TM

PT
Ketelitian

Tanggung jawab

Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
Kelas B
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
2.      Pertemuan kedua, 2 x 40 menit, Praktik

No.
Kegiatan
TM/PT/KMTT
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan



·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Peserta didik berkelompok menyiapkan alat dan bahan praktik
     -   Guru mendemonstrasikan cara membuatn preparat basah dengan irisan melintang dan membujur, dan preparat apus
·                Prasyarat pengetahuan:
     -   Peserta didik memahami bagian-bagian mikroskop dan fungsinya

TM

Kritis
Tanggung jawab

2.
Kegiatan Inti



a.       Eksplorasi
F Guru membimbing peserta didik membuat irisan melintang dan membujur dari daun Rhoeo discolor dan tangkai daun teratai
F Guru membimbing peserta didik membuat preparat Allium cepa
F Guru membimbing peserta didik membuat preparat apus darah

TM


Rasa hormat dan perhatian



b.      Elaborasi
F Peserta didik mengamati preparat yang telah dibuat dibawah mikroskop
F Peserta didik menggambar preparat yang telah dibuatnya sambil mengamati dibawah mikroskop
F Peserta didik membuat tabel pengamatan perbedaan preparat basah yang telah dibuatnya dan preparat awetan yang telah disediakan secara makroskopis dan mikroskopis

TM

Tanggung jawab
Disiplin
Ketekunan


c.       Konfirmasi
F Guru membimbing peserta didik memberi keterangan bagian-bagian preparat yang telah digambar oleh peserta didik

TM

Ketelitian

3.
Kegiatan Penutup




F Peserta didik mengumpulkan laporan hasil praktik berupa gambar preparat jadi
PT
Ketelitian
Tanggung jawab

Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
Kelas B
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
3.      Pertemuan ketiga, 1 x 40 menit, Diskusi Kelompok

No.
Kegiatan
TM/PT/KMTT
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan



·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Guru memeriksa laporan hasil praktikum
       -   Guru mengundi urutan kelompok yang akan mempresentasikan hasil praktik
·         Prasyarat pengetahuan:
     -   Peserta didik telah selesai menyusun laporan hasil praktik

TM

Tanggung jawab

2.
Kegiatan Inti



a.       Eksplorasi
F Wakil dari kelompok mempresentasikan gambar laporan hasil praktik, perbandingan gambar preparat basah dan preparat awetan, dan kesulitan yang dihadapi ketika membuat preparat dan mengamatinya

TM

Rasa hormat dan perhatian


b.      Elaborasi
F Peserta didik dari kelompok yang berbeda dipersilahkan mengajukan pertanyaan

TM
Rasa hormat dan perhatian


c.       Konfirmasi
F Anggota kelompok berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang diajukan teman atau ibu guru dengan santun

TM

Ketelitian

3.
Kegiatan Penutup




F Guru mengklarifikasi jawaban yang belum tepat dan memberikan solusi dari masalah yang tidak terpecahkan
TM
Ketelitian

Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
Kelas B
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
4.      Pertemuan keempat, 1 x 40 menit, Ulangan Harian

No.
Kegiatan
TM/PT/KMTT
Nilai Karakter
1.
Kegiatan Pendahuluan



F Guru membagikan soal Ulangan Harian
F Peserta didik mempersiapkan lembar jawaban di buku ulangan
TM
Tanggung jawab
Tertib

2.
Kegiatan Inti



F Ulangan Harian
TM

Jujur
Tertib

3.
Kegiatan Penutup




F Guru meminta peserta didik mengumpulkan hasil pekerjaaan
F Guru membahas soal bersama peserta didik
TM

Ketelitian
Tanggung jawab
Tertib

Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
Kelas B
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
Hari      : _________________
Tanggal: _________________
B.    Sumber belajar
1)      Mikroskop
2)      Buku referensi
3)      Buku peserta didik
4)      Alat dan bahan praktik
5)      Preparat awetan daun dikotil dan monokotil
6)      Preparat awetan darah
C.    Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan kinerja
1)      Penilaian tertulis
  1. Penilaian soal kuis
Masing-masing soal skor 1
Skor maksimal : 10
Nilai = Skor yang diperoleh x 10
  1. Penilaian Ketrampilan Proses
Lembar Observasi Ketrampilan Membuat Tabel dan Tabulasi data
No Absen
Judul
Variabel
Keakuratan Data
Tampilan Tabel
A
B
A
B
A
B
A
B
1








2








3








4








5








6








7








8








9








10








11








12








13








14








15








16








17








18








19








20








Keterangan:
1.      Judul
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai
Skor 0 bila: tidak dituliskan
2.      Variabel yang diamati
Skor 3 bila: Semua variabel dituliskan dalam kepala tabel ( Nama hasil inventaris, keterangan kategori biotik/abiotik).
Skor 2 bila: ditulis 2 variabel dengan penulisan judul kepala tabel kurang tepat
Skor 1 bila: hanya ditulis 1 variabel
3.      Penyajian Data
Skor 3 bila: Sistematis, semua data terekam
Skor 2 bila: Kurang sistematis, tapi semua data terekam
Skor 1 bila: Kurang sistematis dan tidak semua data terekam
4.      Tampilan tabel
Skor 3 bila: rapi, bersih, dan menarik
Skor 2 bila: hanya muncul 2 indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 1 indikator
2)      Penilaian Kinerja
  1. Penilaian Laporan
Lembar Observasi Ketrampilan Membuat Laporan
Pengumpulan Kelas A Hari/Tanggal: _____________________________________
Pengumpulan Kelas B Hari/Tanggal: _____________________________________
No
Item Penilaian
Skor untuk Kelompok
Kelas A
Kelas B
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Judul








2
Gambar








3
Keterangan gambar








4
Teknik gambar








Jumlah








Keterangan:
1.      Judul
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
2.      Gambar
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
3.      Keterangan gambar
Skor 3 bila: Sistematis, semua data terekam
Skor 2 bila: Kurang sistematis, tapi semua data terekam
Skor 1 bila: Kurang sistematis dan tidak semua data terekam
4.      Teknik menggambar
Skor 3 bila: rapi, jelas, dan diberi warna
Skor 2 bila: hanya muncul 2 indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 1 indikator
  1. Penilaian diskusi/presentasi
Lembar Observasi Ketrampilan Presentasi Kelompok
Penilaian Kelas A Hari/Tanggal: _____________________________________
Penilaian Kelas B Hari/Tanggal: _____________________________________
No
Item Penilaian
Skor untuk Kelompok
Kelas A
Kelas B
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Kebenaran isi








2
Kejelasan Suara








3
Keruntutan Penyampaian








4
Kemampuan menanggapi pertanyaan








5
Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan








Jumlah








Rata-rata








Keterangan:
1.      Kebenaran Isi
Skor 3 bila: Semua isi konsep yang disampaikan benar
Skor 2 bila: 75% isi konsep yang disampaikan benar
Skor 1 bila: 25-50% isi konsep yang disampaikan benar
Skor 0 bila: dalam penyampaian tidak ada konsep yang isinya benar
2.      Kejelasan suara
Skor 3 bila: suara cukup keras, jelas, intonasi beragam, bersemangat
Skor 2 bila: hanya muncul 3 indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 2 indikator
Skor 0 bila: tidak ada indikator yang muncul
3.      Keruntutan Penyajian
Skor 3 bila: semua materi yang disajikan secara urut (judul presentasi, data hasil pengamatan, jawaban pertanyaan, simpulan)
Skor 2 bila: hanya 3 materi yang disajikan secara urut
Skor 1 bila: hanya 2 materi yang disajikan secara urut
Skor 0 bila: penyajian materi sama sekali tidak urut
4.      Kemampuan menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: semua pertanyaan ditanggapi dengan 3 kriteria: jelas, benar, dan sopan
Skor 2 bila: semua pertanyaan ditanggapi dengan 2 kriteria
Skor 1 bila: semua pertanyaan ditanggapi dengan 1 kriteria
Skor 0 bila:  bila ada pertanyaan yang tidak ditanggapi
5.      Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: pertanyaan ditanggapi oleh 3 anggota kelompok
Skor 2 bila: pertanyaan ditanggapi oleh 2 anggota kelompok
Skor 1 bila: pertanyaan ditanggapi oleh 1 anggota kelompok
Skor 0 bila: anggota kelompok tidak berbagi tugas dalam menanggapi pertanyaan

Mengetahui,                                                                      Panggang, 1 Juli 2012
Kepala Sekolah                                                                 Guru Mata Pelajaran


Samiarso, S.Pd                                                                  Dewi Setya Wulandari, S.Si
NIP. 19620419 198403 1 007                                          NIP. 19800115 200903 2 001

Link:


KD 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/rpp-kd-11-melaksanakan-pengamatan-objek.html


KD 6.2 mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/62-mengklasifikasikan-makhluk-hidup.html