RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 3 Panggang
Mata
Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)/Biologi
Kelas /
Semester : VII (Tujuh)/ I (Ganjil)
Tahun Ajaran : 2012-2013
Standart Kompetensi:
5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
Kompetensi Dasar:
5.2 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung
lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
Indikator:
1)
Mengenal (menyebutkan dan
menunjukkan) bagian-bagian mikroskop dan
fungsinya
2)
Mampu menggunakan mikroskop
dengan benar (mengatur fokus dan pencahayaan)
3)
Mampu menyiapkan dan menyimpan
mikroskop dengan benar
4)
Mampu menemukan dan mengamati
preparat sediaan mikroskopis
5)
Mampu membuat preparat basah
dengan sayatan menurut arah tertentu (melintang, membujur)
6)
Menjelaskan
cara mengawetkan hewan dan tumbuhan
Alokasi Waktu: 6 x 40
menit (4 pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:
1)
Mengenal bagian-bagian
mikroskop
2)
Mengenal fungsi mikroskop
3)
Menggunakan mikroskop dengan
benar
4)
Mempelajari cara menyiapkan
mikroskop
5)
Mempelajari cara menyimpan
mikroskop
6)
Mengamati objek dengan
mikroskop
7)
Mempraktekkan cara membuat
preparat basah
B.
Materi Pembelajaran:
Mempergunakan dan merawat mikroskop
C.
Metode Pembelajaran:
1) Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative
Learning
2) Metode/Strategi
- Ceramah
- Studi pustaka
- Diskusi kelompok
- Praktik
A.
Langkah-langkah
kegiatan:
1.
Pertemuan pertama, 2 x
40 menit, Ceramah dan Studi Pustaka
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Guru memberi motivasi peserta didik dengan
memperlihatkan mikroskop
- Guru memberi
apersepsi menggali pengetahuan awal peserta didik dengan menanyakan, “ Apakah
benda ini? Apakah kalian pernah menggunakan sebelumnya?. Benda ini disebut
mikroskop dan berfungsi untuk mengamati benda-benda yang mikroskopis, yang
tidak bisa dilihat dengan mata biasa”.
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Peserta didik memahami konsep biotik dan abiotik
|
TM
|
Kritis
Tanggung jawab
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
a.
Eksplorasi
F
Guru membagi peserta didik
dalam kelompok dan melengkapi setiap kelompok dengan sebuah mikroskop
F
Guru membimbing peserta didik
untuk studi pustaka dari buku literatur tentang bagian-bagian mikroskop
|
TM
|
Tanggung jawab
Teliti
|
||
b.
Elaborasi
F Guru membimbing peserta didik mengerti dan menunjukkan bagian-bagian mikroskop.
F Peserta didik mendiskusikan tentang fungsi dari bagian-bagian
mikroskop.
|
TM
|
Tanggung jawab
Disiplin
Ketekunan
|
||
c.
Konfirmasi
F Guru bersama peserta didik
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
TM
|
Ketelitian
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F Guru mempresentasikan cara memegang, menggunakan, dan menyimpan
mikroskop
F
Guru memberi tugas untuk membawa
alat dan bahan praktik
|
TM
PT
|
Ketelitian
Tanggung jawab
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
2.
Pertemuan kedua, 2 x 40
menit, Praktik
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Peserta didik berkelompok menyiapkan alat dan
bahan praktik
- Guru mendemonstrasikan cara membuatn
preparat basah dengan irisan melintang dan membujur, dan preparat apus
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Peserta didik memahami bagian-bagian mikroskop dan fungsinya
|
TM
|
Kritis
Tanggung jawab
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
a.
Eksplorasi
F Guru membimbing peserta didik membuat irisan melintang dan
membujur dari daun Rhoeo discolor
dan tangkai daun teratai
F Guru membimbing peserta didik membuat preparat Allium cepa
F Guru membimbing peserta didik membuat preparat apus darah
|
TM
|
Rasa hormat dan perhatian
|
||
b.
Elaborasi
F
Peserta didik mengamati preparat
yang telah dibuat dibawah mikroskop
F Peserta didik menggambar preparat yang telah dibuatnya sambil mengamati
dibawah mikroskop
F Peserta didik membuat tabel pengamatan perbedaan preparat basah
yang telah dibuatnya dan preparat awetan yang telah disediakan secara
makroskopis dan mikroskopis
|
TM
|
Tanggung jawab
Disiplin
Ketekunan
|
||
c.
Konfirmasi
F
Guru
membimbing peserta didik memberi keterangan bagian-bagian preparat yang telah
digambar oleh peserta didik
|
TM
|
Ketelitian
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F Peserta didik mengumpulkan laporan hasil praktik berupa gambar
preparat jadi
|
PT
|
Ketelitian
Tanggung jawab
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
3.
Pertemuan ketiga, 1 x 40
menit, Diskusi Kelompok
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
·
Motivasi dan Apersepsi:
-
Guru memeriksa laporan hasil praktikum
-
Guru mengundi urutan kelompok yang akan mempresentasikan hasil praktik
·
Prasyarat pengetahuan:
-
Peserta didik telah selesai menyusun laporan hasil praktik
|
TM
|
Tanggung jawab
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
a.
Eksplorasi
F
Wakil dari kelompok
mempresentasikan gambar laporan hasil praktik, perbandingan gambar preparat
basah dan preparat awetan, dan kesulitan yang dihadapi ketika membuat preparat dan mengamatinya
|
TM
|
Rasa hormat dan perhatian
|
||
b.
Elaborasi
F Peserta didik
dari kelompok yang berbeda dipersilahkan mengajukan pertanyaan
|
TM
|
Rasa hormat dan perhatian
|
||
c.
Konfirmasi
F Anggota kelompok berdiskusi dan menjawab
pertanyaan yang diajukan teman atau ibu guru dengan santun
|
TM
|
Ketelitian
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F
Guru mengklarifikasi jawaban
yang belum tepat dan memberikan solusi dari masalah yang tidak terpecahkan
|
TM
|
Ketelitian
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
4.
Pertemuan keempat, 1 x
40 menit, Ulangan Harian
No.
|
Kegiatan
|
TM/PT/KMTT
|
Nilai Karakter
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|||
F
Guru
membagikan soal Ulangan Harian
F
Peserta
didik mempersiapkan lembar jawaban di buku ulangan
|
TM
|
Tanggung jawab
Tertib
|
||
2.
|
Kegiatan Inti
|
|||
F
Ulangan
Harian
|
TM
|
Jujur
Tertib
|
||
3.
|
Kegiatan Penutup
|
|||
F
Guru meminta peserta didik mengumpulkan
hasil pekerjaaan
F
Guru membahas soal bersama
peserta didik
|
TM
|
Ketelitian
Tanggung jawab
Tertib
|
Keterangan Pelaksanaan:
Kelas A
|
Kelas B
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
Hari :
_________________
Tanggal:
_________________
|
B.
Sumber belajar
1)
Mikroskop
2)
Buku
referensi
3)
Buku peserta didik
4)
Alat dan bahan praktik
5)
Preparat
awetan daun dikotil dan monokotil
6)
Preparat awetan darah
C.
Penilaian
Penilaian meliputi tes tertulis dan
kinerja
1)
Penilaian tertulis
- Penilaian
soal kuis
Masing-masing soal skor 1
Skor maksimal : 10
Nilai = Skor yang diperoleh x 10
- Penilaian
Ketrampilan Proses
Lembar Observasi Ketrampilan Membuat
Tabel dan Tabulasi data
No Absen
|
Judul
|
Variabel
|
Keakuratan Data
|
Tampilan Tabel
|
||||
A
|
B
|
A
|
B
|
A
|
B
|
A
|
B
|
|
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
||||||||
9
|
||||||||
10
|
||||||||
11
|
||||||||
12
|
||||||||
13
|
||||||||
14
|
||||||||
15
|
||||||||
16
|
||||||||
17
|
||||||||
18
|
||||||||
19
|
||||||||
20
|
Keterangan:
1.
Judul
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan
indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai
Skor 0 bila: tidak dituliskan
2.
Variabel yang diamati
Skor 3
bila: Semua variabel dituliskan dalam kepala tabel ( Nama hasil inventaris, keterangan
kategori biotik/abiotik).
Skor 2 bila: ditulis 2 variabel
dengan penulisan judul kepala tabel kurang tepat
Skor 1 bila: hanya ditulis 1
variabel
3.
Penyajian Data
Skor 3
bila: Sistematis, semua data terekam
Skor 2 bila: Kurang sistematis, tapi
semua data terekam
Skor 1 bila: Kurang sistematis dan
tidak semua data terekam
4.
Tampilan tabel
Skor 3 bila: rapi, bersih, dan
menarik
Skor 2 bila: hanya muncul 2
indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 1
indikator
2)
Penilaian Kinerja
- Penilaian
Laporan
Lembar Observasi Ketrampilan Membuat
Laporan
Pengumpulan Kelas A Hari/Tanggal:
_____________________________________
Pengumpulan Kelas B Hari/Tanggal:
_____________________________________
No
|
Item Penilaian
|
Skor untuk Kelompok
|
|||||||
Kelas A
|
Kelas B
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Judul
|
||||||||
2
|
Gambar
|
||||||||
3
|
Keterangan gambar
|
||||||||
4
|
Teknik gambar
|
||||||||
Jumlah
|
Keterangan:
1. Judul
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan
indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
2. Gambar
Skor 3 bila: Jelas, sesuai dengan
indikator yang akan dicapai.
Skor 2 bila: Jelas, tapi kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
Skor 1 bila: Kurang jelas dan kurang
sesuai dengan indikator yang akan dicapai.
3. Keterangan gambar
Skor 3
bila: Sistematis, semua data terekam
Skor 2 bila: Kurang sistematis, tapi
semua data terekam
Skor 1 bila: Kurang sistematis dan
tidak semua data terekam
4. Teknik menggambar
Skor 3 bila: rapi, jelas, dan diberi
warna
Skor 2 bila: hanya muncul 2
indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 1
indikator
- Penilaian
diskusi/presentasi
Lembar
Observasi Ketrampilan Presentasi Kelompok
Penilaian Kelas
A Hari/Tanggal: _____________________________________
Penilaian Kelas
B Hari/Tanggal: _____________________________________
No
|
Item Penilaian
|
Skor untuk Kelompok
|
|||||||
Kelas A
|
Kelas B
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Kebenaran isi
|
||||||||
2
|
Kejelasan Suara
|
||||||||
3
|
Keruntutan Penyampaian
|
||||||||
4
|
Kemampuan menanggapi pertanyaan
|
||||||||
5
|
Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
|
||||||||
Jumlah
|
|||||||||
Rata-rata
|
Keterangan:
1. Kebenaran Isi
Skor 3 bila: Semua isi konsep yang
disampaikan benar
Skor 2 bila: 75% isi konsep yang
disampaikan benar
Skor 1 bila: 25-50% isi konsep yang
disampaikan benar
Skor 0 bila: dalam penyampaian tidak
ada konsep yang isinya benar
2. Kejelasan suara
Skor 3 bila: suara cukup keras,
jelas, intonasi beragam, bersemangat
Skor 2 bila: hanya muncul 3
indikator
Skor 1 bila: hanya muncul 2
indikator
Skor 0 bila: tidak ada indikator
yang muncul
3. Keruntutan Penyajian
Skor 3
bila: semua materi yang disajikan secara urut (judul presentasi, data hasil
pengamatan, jawaban pertanyaan, simpulan)
Skor 2 bila: hanya 3 materi yang
disajikan secara urut
Skor 1 bila: hanya 2 materi yang
disajikan secara urut
Skor 0 bila: penyajian materi sama
sekali tidak urut
4. Kemampuan menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: semua pertanyaan
ditanggapi dengan 3 kriteria: jelas, benar, dan sopan
Skor 2 bila: semua pertanyaan
ditanggapi dengan 2 kriteria
Skor 1 bila: semua pertanyaan
ditanggapi dengan 1 kriteria
Skor 0 bila: bila ada pertanyaan yang tidak ditanggapi
5. Kerjasama dalam menanggapi pertanyaan
Skor 3 bila: pertanyaan ditanggapi
oleh 3 anggota kelompok
Skor 2 bila: pertanyaan ditanggapi
oleh 2 anggota kelompok
Skor 1 bila: pertanyaan ditanggapi
oleh 1 anggota kelompok
Skor 0 bila: anggota kelompok tidak
berbagi tugas dalam menanggapi pertanyaan
Mengetahui, Panggang,
1 Juli 2012
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Samiarso, S.Pd Dewi
Setya Wulandari, S.Si
NIP. 19620419 198403 1 007 NIP.
19800115 200903 2 001
Link:
KD 5.1 Melaksanakan
pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi
gejala alam biotik dan abiotik http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/rpp-kd-11-melaksanakan-pengamatan-objek.html
KD 6.1 Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/61-mengidentifikasi-ciri-ciri-makhluk.html
KD 6.2 mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan
ciri-ciri yang dimiliki http://beebiologi.blogspot.com/2012/10/62-mengklasifikasikan-makhluk-hidup.html