Thursday, March 20, 2014

Sistem Syaraf

Kata Kunci: Otak, Neuron (bagian2 dan fungsi) neuron sensorik, motorik,simpatik parasimpatik, gerak reflek
1.             Sistem Saraf
a)     Otak
 
Fungsi otak


b)     Neuron (sel saraf)
Gambar struktur sel saraf

1)     Sel saraf sensorik = menghantar impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat, yaitu otak (ensefalon) dan sumsum belakang (medula spinalis). Ujung akson dari saraf sensori berhubungan dengan saraf asosiasi (intermediet).
2)     Sel saraf motorik = mengirim impuls dari sistem saraf pusat ke otot atau kelenjar. hasilnya berupa tanggapan tubuh terhadap rangsangan. Badan sel saraf motor berada di sistem saraf pusat. Dendritnya sangat pendek berhubungan dengan akson saraf asosiasi, sedangkan aksonnya dapat sangat panjang.
3)     Sel saraf intermediet/Sel saraf konektor/sel saraf asosiasi = ditemukan di dalam sistem saraf pusat dan berfungsi menghubungkan sel saraf motor dengan sel saraf sensori atau berhubungan dengan sel saraf lainnya yang ada di dalam sistem saraf pusat. Sel saraf intermediet menerima impuls dari reseptor sensori atau sel saraf asosiasi lainnya. Kelompok-kelompok serabut saraf, akson dan dendrit bergabung dalam satu selubung dan membentuk urat saraf. Sedangkan badan sel saraf berkumpul membentuk ganglion atau simpul saraf.
4)     Saraf simpatik=merangsang kerja organ
5)     Saraf parasimpatik=menghambat kerja organ
c)     Mekanisme gerak
1)     GERAK REFLEK
Stimulus à neuron sensorik à sumsum tulang belakang à neuron motorik à otot à respon
2)     GERAK BIASA
Stimulus à neuron sensorik à otakà neuron motorik à otot à respon