KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014
ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs
NO
|
SKL
|
INDIKATOR SKL
|
|
1
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan
sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
1. Menentukan besaran
pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam
kehidupan sehari-hari.
|
|
2
|
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
2. Menentukan sifat-sifat zat
berdasarkan wujudnya ataupenerapan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3. Menjelaskan pengaruh suhu terhadap pemuaian
zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||
4. Menentukan besaran kalor dalam proses
perubahan suhuatau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|||
3.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
5. Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
6. Menentukan besaran
fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
|
|||
7. Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||
8. Menentukan besaran fisis
yang terkait dengan tekanan pada
suatu zat.
|
|||
4.
|
Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran,
gelombang, bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
|
9. Menentukan besaran fisis
pada getaran atau gelombang.
|
|
10. Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||
11. Menentukan sifat cahaya,
besaran-besaran yang berhubungan dengan
cermin/lensa atau penerapan alat
optik dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|||
5
|
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
12. Menjelaskangejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
|
|
13. Menentukan besaran-besaran
listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel,
Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
|||
14. Menentukan besarnya energi atau
daya listrik dalam`kehidupan sehari-hari.
|
|||
15. Menjelaskan cara pembuatan magnet
dan kutub-kutub yang
dihasilkan.
|
|||
16. Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
|
|||
6.
|
Memahami sistem tata surya dan
proses yang
terjadi didalamnya.
|
17. Menjelaskan fenomena alam yang
terjadi akibat perubahan suhu
atau peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
|
|
7
|
Mendeskripsikan konsep
atom, ion dan molekul
dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
|
18. Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
8.
|
Mendeskripsikan klasifikasi
zat, sifat-sifat, dan
perubahannya.
|
19. Menjelaskan sifat-sifat
fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
|
20. Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
|||