STANDAR
KOMPETENSI I. memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam
dengan menggunakan peralatan
1.1
mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
- siswa dapat menyebutkan contoh satuan
tidak baku
- disajikan tabel, siswa dapat
menyebutkan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuan SI nya
- disajikan data, siswa dapat
mengkonversi satuan massa
1.2
mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
- siswa dapat menjelaskan prinsip kerja thermometer
- siswa dapat menjelaskan kelemahan suatu
zat cair yang digunakan untuk mengisi thermometer
- disajikan gambar, siswa dapat
mengkalibrasi skala thermometer
1.3
melakukan pengukuran secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang
sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
- disajikan data-data alat ukur, siswa
dapat menjelaskan tingkat ketelitian alat ukur
- disajikan gambar pengukuran massa,
siswa dapat menentukan massa suatu benda
- disajikan gambar pengukuran volume,
siswa dapat menentukan volume suatu benda
STANDAR
KOMPETENSI 2. Memahami wujud zat dan perubahannya
2.1
Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
- Disajikan data dan gambar keadaan
partikel zat, siswa dapat mengidentifikasi wujud zat
- Siswa dapat menjelaskan terjadinya
gejala meniscus pada permukaan zat cair
- Disajikan data, siswa dapat menyebutkan
contoh gejala kapilaritas
2.2
mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa dapat menjelaskan konsep massa
jenis
- Disajikan tabel massa jenis beberapa
zat, siswa dapat menentukan volume suatu benda apanbila massa benda
diketahui
STANDAR
KOMPETENSI 3. Memahami klasifikasi zat
3.1
Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat
dan indikator yang tepat
- Disajikan data, siswa dapat menentukan
sifat asam atau basa suatu benda
- Siswa dapat menentukan sifat asam atau
basa suatu benda berdasarkan pH-nya
3.2
Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
- Disajikan data beberapa zat, siswa
dapat menggolongkan benda-benda yang termasuk unsur
- Disajikan data, siswa dapat menentukan
rumus kimia suatu zat
3.3
Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
- Disajikan pernyataan-pernyataan sifat suatu
benda, siswa dapat membedakan sifat unsur, senyawa, dan campuran
- Disajikan daftar suatu zat, siswa dapat
mengidentifikasi campuran homogen
STANDAR
KOMPETENSI 4. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
4.1
Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh
informasi gejala alam biotik dan abiotik
- Disajikan data gejala alam pada onbyek
biotik dan abiotik, siswa dapat menentukan gejala alam kejadian pada obyek
abiotik
- Ditampilkan data hasil pengamatan pengaruh
konsentrasi pupuk terhadap tinggi tanaman, siswa dapat membedakan variable
bebas, terikat, control, dan pengganggunya
- Disajikan langkah-langkah /metode
ilmiah, siswa dapat menyusun langkah-langkah /metode ilmiah secara urut
4.2
Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
- Disajikan gambar mikroskop, siswa dapat
menyebutkan fungsi bagian mikroskop yang ditunjuk
- Siswa dapat menggunakan mikroskop (menemukan
obyek mikroskop) dengan langkah-langkah yang benar
- Siswa mampu menyebutkan fungsi cermin
pada mikroskop
4.3
menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
- Disajikan data symbol nbahan kimia,
artinya, dan contohnya, siswa dapat menentukan pasangan yang tepat
- Disajikan macam-macam alat
laboratorium, siswa dapat menentukan alat yang tepat untuk mereaksikan
suatu larutan sehingga tidak mudah tumpah ketika dikocok
STANDAR
KOMPETENSI 5. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
5.1
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
- Disajikan gambar ikan paus muncul ke
permukaan, siswa dapat menunjukkan ciri hidup yang tampak
- Ditampilkan data hasil percobaan
penguapan, siswa dapat menunjukkan ciri hidup yang tampak
- Disajikan ciri-ciri hidup, siswa dapat
menentukan ciri hidup iritabilita
5.2
Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki
- Mendeskripsikan pentingnya dilakukan
klasifikasi makhluk hidup
- Disajikan pernyataan tentang ciri-ciri
tumbuhan, siswa mampu menentukan jenis tumbuhannya
- Disanjikan kunci determinasi arthropoda
dan hewan yang akan dibuat kunci dikotominnya, siswa dapat membuat kunci
dikotomi/determinasi untuk hewan tersebut
- Disajikan pernyataan ciri-ciri khusus
monera, protista, jamur, tumbuhan, dan hewan, siswa mampu menenetukan
ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom dengan tepat
- Disajikan penulisan nama ilmiah, siswa
mampu menentukan penulisan nama ilmiah yang benar menurut sistem binomial
nomenklatur
- Disajikan gambar hewan, siswa mampu
membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
- Disajikan beberapa pernyataan ciri
dikotil dan monokotil, siswa mampu menentukan ciri dikotil
- Disajikan 4 gambar tumbuhan, siswa
mampu menyebutkan 2 tumnbuhan yang mempunyai hubungan paling erat
- Disajikan beberapa ciri hewan, siswa
mampu mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri tertentu