Thursday, November 21, 2013

KISI UAS KELAS 7 TAHUN AJARAN 2013-2014

STANDAR KOMPETENSI I. memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan
1.1    mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
  1. siswa dapat menyebutkan contoh satuan tidak baku
  2. disajikan tabel, siswa dapat menyebutkan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuan SI nya
  3. disajikan data, siswa dapat mengkonversi satuan massa
1.2    mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
  1. siswa dapat menjelaskan prinsip kerja thermometer
  2. siswa dapat menjelaskan kelemahan suatu zat cair yang digunakan untuk mengisi thermometer
  3. disajikan gambar, siswa dapat mengkalibrasi skala thermometer
1.3    melakukan pengukuran secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
  1. disajikan data-data alat ukur, siswa dapat menjelaskan tingkat ketelitian alat ukur
  2. disajikan gambar pengukuran massa, siswa dapat menentukan massa suatu benda
  3. disajikan gambar pengukuran volume, siswa dapat menentukan volume suatu benda
STANDAR KOMPETENSI 2. Memahami wujud zat dan perubahannya
2.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  1. Disajikan data dan gambar keadaan partikel zat, siswa dapat mengidentifikasi wujud zat
  2. Siswa dapat menjelaskan terjadinya gejala meniscus pada permukaan zat cair
  3. Disajikan data, siswa dapat menyebutkan contoh gejala kapilaritas
2.2 mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
  1. Siswa dapat menjelaskan konsep massa jenis
  2. Disajikan tabel massa jenis beberapa zat, siswa dapat menentukan volume suatu benda apanbila massa benda diketahui
STANDAR KOMPETENSI 3. Memahami klasifikasi zat
3.1 Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
  1. Disajikan data, siswa dapat menentukan sifat asam atau basa suatu benda
  2. Siswa dapat menentukan sifat asam atau basa suatu benda berdasarkan pH-nya
3.2 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
  1. Disajikan data beberapa zat, siswa dapat menggolongkan benda-benda yang termasuk unsur
  2. Disajikan data, siswa dapat menentukan rumus kimia suatu zat
3.3 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
  1. Disajikan pernyataan-pernyataan sifat suatu benda, siswa dapat membedakan sifat unsur, senyawa, dan campuran
  2. Disajikan daftar suatu zat, siswa dapat mengidentifikasi campuran homogen
STANDAR KOMPETENSI 4. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan
4.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik
  1. Disajikan data gejala alam pada onbyek biotik dan abiotik, siswa dapat menentukan gejala alam kejadian pada obyek abiotik
  2. Ditampilkan data hasil pengamatan pengaruh konsentrasi pupuk terhadap tinggi tanaman, siswa dapat membedakan variable bebas, terikat, control, dan pengganggunya
  3. Disajikan langkah-langkah /metode ilmiah, siswa dapat menyusun langkah-langkah /metode ilmiah secara urut
4.2 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan
  1. Disajikan gambar mikroskop, siswa dapat menyebutkan fungsi bagian mikroskop yang ditunjuk
  2. Siswa dapat menggunakan mikroskop (menemukan obyek mikroskop) dengan langkah-langkah yang benar
  3. Siswa mampu menyebutkan fungsi cermin pada mikroskop
4.3 menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
  1. Disajikan data symbol nbahan kimia, artinya, dan contohnya, siswa dapat menentukan pasangan yang tepat
  2. Disajikan macam-macam alat laboratorium, siswa dapat menentukan alat yang tepat untuk mereaksikan suatu larutan sehingga tidak mudah tumpah ketika dikocok
STANDAR KOMPETENSI 5. Memahami keanekaragaman makhluk hidup
5.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
  1. Disajikan gambar ikan paus muncul ke permukaan, siswa dapat menunjukkan ciri hidup yang tampak
  2. Ditampilkan data hasil percobaan penguapan, siswa dapat menunjukkan ciri hidup yang tampak
  3. Disajikan ciri-ciri hidup, siswa dapat menentukan ciri hidup iritabilita
5.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri yang dimiliki

  1. Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup
  2. Disajikan pernyataan tentang ciri-ciri tumbuhan, siswa mampu menentukan jenis tumbuhannya
  3. Disanjikan kunci determinasi arthropoda dan hewan yang akan dibuat kunci dikotominnya, siswa dapat membuat kunci dikotomi/determinasi untuk hewan tersebut
  4. Disajikan pernyataan ciri-ciri khusus monera, protista, jamur, tumbuhan, dan hewan, siswa mampu menenetukan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom dengan tepat
  5. Disajikan penulisan nama ilmiah, siswa mampu menentukan penulisan nama ilmiah yang benar menurut sistem binomial nomenklatur
  6. Disajikan gambar hewan, siswa mampu membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi
  7. Disajikan beberapa pernyataan ciri dikotil dan monokotil, siswa mampu menentukan ciri dikotil
  8. Disajikan 4 gambar tumbuhan, siswa mampu menyebutkan 2 tumnbuhan yang mempunyai hubungan paling erat
  9. Disajikan beberapa ciri hewan, siswa mampu mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri tertentu