KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
ILMU
PENGETAHUAN ALAM (IPA) SMP/MTs
NO
|
SKL
|
INDIKATOR SKL
|
INDIKATOR SOAL
|
NO SOAL
|
1
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan
alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Disajikan tabel, peserta didik mampu menentukan besaran turunan dengan satuan SI dan alat ukurnya.
|
1
– Paket 1
|
2.
Disajikan gambar
pengukuran suhu dengan dua termometer yang berbeda, peserta didik dapat menghitung
suhu pada salah satu termometer jika skala suhu lainnya diketahui.
|
1
– Paket 2
|
|||
3.
Disajikan gambar alat ukur (mistar, neraca, stopwatch, gelas ukur,
termometer), peserta didik dapat membaca hasil pengukuran yang ditunjukkan
gambar tersebut.
|
1
– Paket 3
|
|||
2
|
Menerapkan konsep zat dan kalor
serta
kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2. Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau
penerapan konsep massa jenis dalam kehidupan
sehari-hari.
|
1.
Disajikan gambar dan tabel, peserta didik dapat menentukan
sifat-sifat wujud suatu zat.
|
2 – Paket 1
|
2. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan
|
2
– Paket 2
|
|||
3. Disajikan gambar beberapa logam yang besarnya
sama tetapi massanya berbeda, peserta didik mampu menentukan jenis
masing-masing logam berdasarkan perhitungan dan tabel berbagai
|
2
– Paket 2
|
|||
|
|
3. Menjelaskan pengaruh
suhu terhadap pemuaian zat yang
terjadi dalam kehidupan
sehari-hari.
|
1.
Disajikan gambar, peserta
didik dapat memberikan contoh masalah pemuaian yang terjadi di sekitar
kehidupan sehari- hari, dan memberikan alasannya
|
3
– Paket 1
|
2.
Disajikan gambar, peserta
didik dapat memberikan contoh pemanfaatan pemuaian dalam kehidupan
sehari-hari
|
3
– Paket 2
|
|||
3.
Disajikan gambar, peserta
didik dapat menjelaskan peristiwa sehari-hari yang berkitan dengan pemuaian.
|
3
– Paket 3
|
|||
|
|
4. Menentukan besaran
kalor dalam proses perubahan suhu
atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Peserta didik dapat menentukan
kenaikan suhu atau suhu akhir suatu campuran.
|
4
– Paket 1
|
2.
Peserta didik dapat menentukan jumlah
kalor yang diperlukan oleh benda pada proses tertentu jika parameter lain
diketahui. kalor jenis dan massa benda diketahui
atau kalor jenis suatu zat.
|
4
– Paket 2
|
|||
3.
Peserta didik dapat menyebutkan contoh
pemanfaatan perubahan wujud dalam kehidupan sehari-hari.
|
4
– Paket 3
|
|||
3.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika
(gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam
kehidupan sehari-hari.
|
5. Menentukan jenis
gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Peserta
didik dapat memberikan contoh penerapan hukum II Newton, atau hukum
III Newton
|
5
– Paket 1
|
2. Peserta didik
dapat memberikan contoh penerapan hukum I Newton,
atau hukum III Newton
|
5
– Paket 2
|
|||
3. Menentukan jenis gerak (gambar, grafik atau
pernyataan)
|
5
– Paket 3
|
|||
6. Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi pada
kondisi tertentu.
|
1.
Peserta didik dapat
menentukan energi kinetik benda jika massa dan kecepatan benda diketahui.
|
6
– Paket 1
|
||
2. Peserta didik
dapat menentukan energi potensial gravitasi jika massa dan ketinggian benda
diketahui.
|
6
– Paket 2
|
|||
3. Peserta didik
dapat menghitung besarnya usaha pada benda yang diangkat vertikal ke atas atau menentukan besar dan arah gerak benda jika
benda tersebut dikenai gaya atau disajikakan gambar
beberapa gaya yang bekerja pada benda dan jarak perpindahannya, peserta didik
dapat menentukan usaha terhadap benda.
|
6
– Paket 3
|
|||
|
|
7. Menentukan penerapan
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Disajikan gambar beberapa
alat pesawat sederhana, peserta didik mampu memberikan contoh alat pesawat
sederhana lain yang sejenis.
|
7
– Paket 1
|
2. Disajikan gambar, peserta didik dapat
menentukan gaya paling besar atau gaya paling kecil untuk menahan benda yang
berada pada bidang miring
|
7
– Paket 2
|
|||
3. Peserta didik
mampu menjelaskan
prinsip kerja salah alat pesawat
sederhana yang digunakan dalam
sehari-hari.
|
7
– Paket 3
|
|||
|
|
8.
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
|
1.
Disajikan gambar, peserta
didik dapat menentukan besarnya salah satu variabel pada hukum Pascal
|
8
– Paket 1
|
2.
Peserta didik dapat menentukan gaya ke
atas jika benda berada dalam zat cair jika besaran lain diketahui
|
8
– Paket 2
|
|||
|
|
|
3.
Disajikan gambar dua bejana yang
berisi zat cair yang berbeda, Peserta didik
dapat menentukan besarnya tekanan zat cair pada dasar masing-masing
bejana,
|
8
– Paket 3
|
4.
|
Memahami konsep-konsep
dan
penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik
dalam produk teknologi sehari-hari.
|
9. Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
1.
Disajikan gambar ayunan atau pegas yang ditentukan data-datanya, peserta
didik dapat menentukan frekuensi dan amplitudo atau period dan amplitudo
|
9
– Paket 1
|
2. Disajikan grafik gelombang , peserta didik dapat
menentukan nilai salah satu besaran
gelombang
|
9
– Paket 2
|
|||
3.
Disajikan gambar gelombang trasversal dengan data-datanya, peserta didik
dapat menentukan amplitudo, periode dan panjang gelombang
|
9
– Paket 3
|
|||
|
|
10.
Menjelaskan sifat bunyi atau
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan bandul yang ikut berayun jika bandul yang lain diayunkan.
|
10
– Paket 1
|
2. Disajikan stimulus atau
gambar berupa peristiwa yang berkaitan dengan perambatan bunyi, peserta
didik dapat menjelaskan gejala yang terjadi.
|
10
– Paket 2
|
|||
3. Disajikan beberapa peristiwa sehari-hari atau pernyataan yang
berkaitan dengan terjadinya bunyi, peserta didik dapat menjelaskan gejala
pada peristiwa tsb terkait dengan syarat terdengarnya bunyi oleh manusia.
|
10
– Paket 3
|
|||
|
|
11.
Menentukan sifat
cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa
atau penerapan alat optik dalam kehidupan
sehari-hari.
|
1.
Disajikan gambar
benda dan bayangannya pada lensa cembung, Siswa dapat menentukan jarak fokus lensa jika jarak
benda dan bayangan diketahui
|
11
– Paket 1
|
|
|
|
2.
Disajikan gambar
benda di depan cermin cekung yang jarak fokus dan jarak bendanya diketahui,
siswa dapat menentukan perbesaran dan sifat bayangan.
|
11
– Paket 2
|
|
|
|
3.
Siswa dapat menentukan sifat bayangan pada alat
optik tertentu.
|
11
– Paket 3
|
5
|
Memahami konsep
kelistrikan dan kemagnetan serta
penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
12. Menjelaskan
gejala listrik statis dalam
penerapan kehidupan sehari-hari.
|
1.
Siswa dapat menentukan arah perpindahan elektron dan atau jenis muatan benda tertentu setelah digosok dengan
benda/kain tertentu
|
12
– Paket 1
|
|
|
|
2. Siswa dapat menentukan induksi listrik terhadap elektroskop melalui gambar sebagai pilihan jawaban
|
12
– Paket 2
|
|
|
|
3.
Siswa dapat menentukan nilai gaya elektrostika antara 2 benda bermuatan
listrik jika jarak kedua benda
dijauhkan atau didekatkan pada kelipatan tertentu dari jarak semula dengan
muatan tetap
|
12
– Paket 3
|
|
|
13.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.
Disajikan rangkaian beberapa
penghambat seri-paralel, yang diketahui
hambatan masing-masing dan kuat arus pada salah satu cabang,
|
13
– Paket 1
|
|
|
|
2. Disajikan
gambar rangkaian beberapa penghamabatsecara paralel yang diketahui hambatannya
masing-masing, Siswa dapat menentukan kuat arus pada titik cabang atau pada
salah satu cabang jika ggl dan hamabatan dalam sumber tegangan diketahui.
|
13
– Paket 2
|
|
|
|
3.
Disajikan gambar rangkaian beberapa penghambat secara seri paralel yang diketahui hambatannya masing-masing, Siswa
dapat menentukan kuat arus yang mengalir
jika ggl dan hamabatan dalam
sumber tegangan diketahui.
|
13
– Paket 3
|
|
|
14.
Menentukan besarnya energi atau daya listrik dalam`kehidupan sehari-hari.
|
1.
Siswa dapat menghitung besar energi
listrik jika tegangan, kuat arus dan waktu diketahui
|
14
– Paket 1
|
|
|
|
2.
Siswa dapat menghitung
besar energi listrik atau jumlah rekening listrik dalam satu bulan jika
jumlah dan jenis alat serta daya dan waktu pemakaiannya diketahui
|
14
– Paket 2
|
|
|
|
3.
Disajikan gambar alat listrik yang diketahui daya dan tegangannya, siswa
dapat menentukan hambatan alat tersebut
|
14
– Paket 3
|
|
|
15.
Menjelaskan cara pembuatan magnet
dan kutub-kutub yang dihasilkan.
|
1.
Disajikan gambar
pembuatan magnet dengan cara induksi , siswa dapat menentukan kutub magnet
dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
|
15
– Paket 1
|
|
|
|
2.
Disajikan gambar
pembuatan magnet dengan cara gosokan , siswa dapat menentukan kutub magnet
dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
|
15
– Paket 2
|
|
|
|
3. Disajikan gambar
pembuatan magnet dengan cara elektromagnet, siswa dapat menentukan kutub
magnet dan atau sifat magnet yang dihasilkan atau interaksi antar kutubnya
|
15
– Paket 3
|
|
|
16. Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik
atau penerapannya pada transformator.
|
1. Disajikan stimulus berupa hubungan antara nyala lampu sepeda
dengan gerak sepeda, siswa dapat
menjelaskan alasan makin cepat gerak sepeda, makin terang nyala lampu
|
16
– Paket 1
|
|
|
|
2. Siswa dapat menentukan satu atau lebih faktor yang mempengaruhi ggl
induksi
|
16
– Paket 2
|
|
|
|
3. Disajikan gambar skema trafo
siswa dapat menentukan salah satu
variabel pada rumus trafo jika variabel lainnya diketahui.
|
16
– Paket 3
|
6.
|
Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
|
17.
Menjelaskan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan
suhu atau peredaran bumi-bulan
terhadap matahari.
|
1. Siswa dapat menjelaskan atau memberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh peredaran bumi
dan bulan terhadap matahari
|
17
– Paket 1
|
|
|
|
2. Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan oleh
revolusi bumi
|
17
– Paket 2
|
|
|
|
3. Siswa dapat mememberikan contoh fenomena alam yang disebabkan
oleh rotasi bumi
|
17
– Paket 3
|
7
|
Mendeskripsikan konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia
sehari-hari.
|
18. Mengidentifikasi atom,
ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
|
1. Disajikan beberapa senyawa siswa dapat menentukan senyawa asam,basa
dan garam
|
18
– Paket 1
|
|
|
|
2.
Siswa dapat mengolongkan
beberapa contoh zat ke dalam kelompok unsur, senyawa dan campuran
|
18
– Paket 2
|
|
|
|
3. Siswa dapat mengolongkan beberapa contoh zat ke dalam kelompok
campuran.
|
18
– Paket 3
|
8.
|
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya.
|
19. Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia
berdasarkan hasil percobaan.
|
1. Diberikan suatu data tentang sifat-sifat suatu zat, siswa dapat
menentukan sifat tersebut tergolong sifat fisika atau kimia.
|
19
– Paket 1
|
|
|
|
2. Disajikan informasi tentang karakteristik suatu zat, siswa dapat
menentukan sifat zat tersebut (asam, basa ataukah garam).
|
19
– Paket 2
|
|
|
|
3. Siswa dapat menentukan sifat fisika atau kimia dari percobaan
sederhana/pengamatan
|
19
– Paket 3
|
|
|
20.
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
1. Disajikan suatu data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat menentukan kesimpulan dari percobaan
tersebut
|
20
– Paket 1
|
|
|
|
2. Disajikan suatu
data proses percobaan perubahan zat, siswa dapat menentukan kesimpulan dari percobaan
tersebut
|
20
– Paket 2
|
|
|
|
3. Disajikan suatu data proses
percobaan perubahan zat, siswa dapat
mengelompokkan perubahan kimia dari percobaan tersebut
|
20
– Paket 3
|